Aplikasi Slip Gaji Untuk Kompensasi Karyawan

2
29

Aplikasi Slip Gaji Untuk Kompensasi Karyawan – Dalam dunia kerja, pemberian kompensasi menjadi hal lumrah. Secara umum, kompensasi merupakan imbalan kepada karyawan atas kerja keras yang dilakukan. Pemberian kompensasi untuk karyawan bisa dalam bentuk penghargaan, uang dan lain sebagainya.
(Baca juga : Slip Gaji Digital dan Manfaat Aplikasi Slip Gaji Online untuk Memudahkan Manajemen Keuangan Perusahaan Anda – Aplikasi slip gaji online )

Jenis kompensasi
Cara dan bentuk kompensasi dibedakan menjadi dua macam, yakni secara langsung dan tidak langsung. Perbedaannya tentu sangat menonjol.

  1. Kompensasi langsung
    Kompensasi langsung merupakan upah yang dibayarkan berdasarkan tenggat waktu yang sudah ditetapkan. Kompensasi langsung bisa disebut dengan gaji tetap yang diterima oleh karyawan, baik secara bulanan ataupun mingguan. Bahkan ada yang mendapatkan upah dalam hitungan per jam.
    Bukan hanya gaji, kompensasi langsung bisa berupa intensif atau pendapatan tambahan. Biasanya pendapatan tambahan ini diberikan karena karyawan mendapatkan prestasi dan pencapaian yang diinginkan perusahaan. Hanya karyawan berprestasi saja dan memenuhi persyaratan perusahaan yang bisa mendapatkan intensif.
    Bonus juga menjadi bentuk kompensasi langsung. Bonus biasanya dihadiahkan kepada karyawan agar lebih semangat dan produktif dalam bekerja. Selain itu, bonus biasanya ditambahkan ke dalam gaji, karena karyawan sudah memenuhi sasaran kerja. Besaran bonus tergantung akan pemimpin perusahaan dan bersifat tidak pasti.
  2. Kompensasi tidak langsung
    Sedangkan kompensasi tidak langsung diberikan di luar dari upah atau gaji yang ditetapkan. Biasanya bisa berupa barang atau uang. Salah satu kompensasi tidak langsung yang diberikan adalah cuti, yakni waktu tidak bekerja. Cuti bisa tahunan, cuti hamil, kecelakaan dan lain sebagainya.

Selain itu, tunjangan dan asuransi juga menjadi bagian kompensasi tidak langsung. Tunjangan merupakan pendapat tambahan di luar gaji. Sedangkan asuransi adalah jaminan kesejahteraan karyawan. Tunjangan dan asuransi bisa berupa, kesehatan, ketenagakerjaan dan lain sebagainya.

Fasilitas selama bekerja untuk mempermudah karyawan juga menjadi bentuk kompensasi tidak langsung. Fasilitas bisa berupa rumah dinas, makan siang, kendaraan dan sebagainya.

Pentingnya kompensasi
Perusahaan harusnya tidak menganggap sepele pemberian kompensasi ini. Pemberian kompensasi sangat penting untuk perusahaan.

  1. Mendapatkan dan mempertahankan karyawan berkualitas
    Kompensasi yang baik menjadi cara menarik karyawan berkualitas. Sebaliknya, kompensasi yang buruk akan membuat karyawan keluar dan mencari perusahaan lainnya.
  2. Administrasi lebih efisien
    Mungkin memang pemberian kompensasi membuat pengeluaran perusahaan lebih besar pada awalnya. Tetapi pengendalian yang baik menggunakan aplikasi perkantoranakan membuat biaya administrasi lebih efisien dan hemat. Hal tersebut karena berdampak pada kerja karyawan sehingga mereka bisa bekerja secara efektif.
  3. Bentuk penghargaan untuk karyawan
    Bisa dikatakan kompensasi merupakan bentuk penghargaan untuk karyawan. Dengan begitu, karyawan lebih terdorong kinerjanya menjadi lebih baik.
  4. Menjamin keadilan
    Untuk menjaga stabilitas perusahaan, pemberian kompensasi sangat penting. Namun untuk mendapatkannya kompensasi yang diberikan haruslah sesuai dengan nilainya dan tidak bedanya satu dengan karyawan lainnya. Selain itu, kompensasi harus bisa lebih besar dibandingkan perusahaan lainnya.

Manfaat pemberian kompensasi dengan aplikasi perkantoran
Besaran pemberian kompensasi memang tergantung akan perusahaan. Namun Anda bisa menggunakan aplikasi slip gaji untuk mengatur besarnya kompensasi yang akan diberikan, mengapa demikian?

  1. Lebih hemat biaya
    Setiap perusahaan dan kegiatan usaha, penghematan biaya sangat penting. Dengan menggunakan aplikasi perkantoran untuk pemberian kompensasi lebih hemat. Mengapa demikian? Padahal terkadang aplikasi absensi online ada yang berbayar.
    Pasalnya, hal ini akan sangat berpengaruh pada keuangan jangka panjang nantinya. Perusahaan tidak perlu lagi menambah karyawan atau melakukan pelatihan untuk tugas ini.
    Belum lagi, setiap hari kewajiban karyawan yang diberikan perusahaan juga terus menerus bertambah dan membutuhkan biaya banyak.
  2. Lebih hemat waktu
    Bukan hanya hemat biaya saja, aplikasi slip gaji juga bisa menghemat waktu sehingga produktivitas perusahaan lebih efisien. Walaupun dilakukan secara rutin, tetapi pemberian kompensasi pasti membutuhkan waktu yang lama karena banyak hal yang harus diperhatikan.
    Oleh karena itu, penggunaan aplikasi ini akan sangat berpengaruh. Dengan begitu, proses pemberian kompensasi bisa digunakan untuk mengerjakan hal yang lainnya.
  3. Data lebih aman
    Banyak perusahaan yang menjaga keamanan data karyawan yang akan diberikan gaji dan kompensasi. Apabila harus dilakukan oleh karyawan sendiri, kebocoran bisa saja terjadi. Berbeda menggunakan aplikasi perkantoran yang bisa dikatakan sebagai orang ketiga yang tidak memiliki kepentingan. Dengan demikian, data kompensasi untuk karyawan akan lebih terjamin dan terjaga.
  4. Tingkat akurasi lebih baik
    Segala sesuatu yang dikerjakan oleh ahlinya selalu mendapatkan kualitas yang terbaik. Sama halnya dengan pemberian kompensasi. Walaupun ada bagian HRD, tetapi tetap saja, tidak adanya staf yang bisa mengatur kompensasi yang harusdiberikan. Oleh karena itu, pelatihan biasanya dilakukan terlebih dahulu.
    Untuk menghindari adanya human error, terlebih saat banyaknya tugas, maka adanya aplikasi slip gaji akan sangat membantu. Tentu saja, tingkat akurasi yang diberikan akan sangat tepat dan tinggi.
  5. Laporan keuangan lebih baik
    Masih berhubungan dengan ahlinya, maka dengan adanya aplikasi perkantoran sistem laporan keuangan akan menjadi lebih baik, terlebih dalam laporan pemberian kompensasi. Aplikasi ini memang digunakan untuk bisa fokus dalam pemberian gaji yang lebih terstruktur. Dengan begitu, laporan keuangan yang banyak akan sangat dijamin lengkap dan sesuai dengan standardisasi yang dibutuhkan.
  6. Adanya layanan lainnya yang bisa diberikan
    Aplikasi slip gaji tidak hanya memberikan sistem penggajian dan pemberian kompensasi saja. Aplikasi ini juga memiliki berbagai layanan menarik lainnya yang bisa dimanfaatkan. Layanan lain yang bisa digunakan adalah laporan kehadiran karyawan, pengurusan pajak dan masih banyak lagi yang lainnya. Layanan tersebut tentu akan membuat perusahaan untung berkali lipat.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here