Jenis-Jenis Alat Absensi Karyawan Perusahaan untuk Kedisiplinan

0
11

Jenis-Jenis Alat Absensi Karyawan Perusahaan untuk Kedisiplinan – Tak perlu diragukan lagi bahwa data soal absensi karyawan perlu tersedia selengkap dan seakurat mungkin. Sebab, data tersebut digunakan untuk menilai kedisiplinan karyawan, yang pastinya akan membantu perusahaan dalam mengukur produktivitas dan efisiensi kinerja masing-masing karyawan yang dinaungi. Nah, salah satu cara untuk mencapainya adalah dengan memanfaatkan teknologi seperti mesin atau aplikasi absensi  yang dapat membantu mencatat data kehadiran karyawan.

Hanya saja, masing-masing perusahaan memilih untuk menggunakan sistem, metode, atau bahkan alat yang berbeda untuk mencatat absensi karyawan. Misalnya, ada yang memilih menggunakan pemindai sidik jari, ada yang bersedia berinvestasi lebih banyak untuk mesin pemindai biometrik, da nada juga yang memanfaatkan aplikasi absensi online.
Karena itu, pada kesempatan kali ini, akan dibahas mengenai beberapa jenis alat absensi karyawan yang masih dan paling umum ditemukan dan digunakan oleh berbagai perusahaan. Tentu saja, masing-masing alat tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berikut ulasannya.

Mesin Absensi Manual/Analog
Saat ini, jenis mesin absensi yang satu ini kemungkinan besar sudah semakin langka, atau justru tak lagi digunakan. Sistem absensi analog ini menggunakan kartu absensi yang dimasukkan ke dalam alat untuk mencetak tanggal dan waktu kehadiran seorang karyawan – karena proses ini menghasilkan suara “ceklok”, maka alat yang digunakan juga sering disebut dengan mesin absensi ceklok.

Meskipun sudah kuno dan dianggap tak lagi bisa diandalkan, mesin yang satu ini masih cocok digunakan untuk perusahaan kecil dengan karyawan yang sangat sedikit, bahkan kurang dari 50 atau sekadar belasan orang. Hanya saja, karena faktor inefisiensi dan biaya, tak semua perusahaan kecil mau menggunakan mesin ini, terlebih karena celah untuk melakukan kecurangan oleh pegawai nakal yang sangat besar.

Mesin Absensi Digital dengan PIN
Diperkirakan bahwa mesin absensi digital yang dioperasikan menggunakan PIN ini sudah digunakan sejak tahun 1970an. Umumnya, mesin ini dilengkapi dengan tombol abjad dan angka, serta sebuah layar kecil untuk menampilkan teks dan waktu. Tombol tersebut digunakan karyawan untuk memasukkan nomor PIN atau kata sandi unik yang khusus digunakan oleh masing-masing karyawan untuk melakukan absensi.

Dibandingkan mesin analog, mesin absensi digital ini tentu jauh lebih efektif dan hemat waktu. Di samping itu, perusahaan pun masih bisa memantau kehadiran karyawan secara real time karena data absensi yang terekam secara digital, bukannya analog atau manual. Hanya saja, risiko kecurangan juga masih ada dengan mesin absensi digital karena karyawan bisa saja meminta rekannya untuk memasukkan PIN miliknya ketika membolos.

Mesin Absensi Digital dengan Magnetic Card
Mesin yang satu ini nyaris serupa dengan mesin absensi digital. Apalagi, data absensi yang terekam pun akan disimpan secara digital oleh sistem dan dapat diakses lewat komputer. Perbedaannya adalah penggunaan kartu magnetik alias magnetic card yang cukup digesek pada slot yang tersedia – serupa seperti menggesekkan kartu debit atau kartu kredit ketika bertransaksi di kasir untuk melakukan pembayaran nontunai.

Begitu kartu magnetik digesekkan di slot yang ada, sistem akan langsung merekam data kehadiran karyawan dan mencocokkannya berdasarkan data identitas karyawan yang tersimpan di dalam kartu tersebut. Akan tetapi, lagi dan lagi, risiko kecurangan oleh karyawan nakal yang bolos atau sengaja terlambat datang ke tempat kerja juga sama tingginya dengan penggunaan mesin yang satu ini. Sebab, ia bisa menitipkan kartu kepada rekannya.

Mesin Absensi Biometrik
Sedangkan jenis mesin absensi yang satu ini barangkali sudah tak lagi asing bagi Anda. Sebab, penggunaannya masih sangat umum di masyarakat, dan dapat digunakan bukan hanya di perkantoran tapi juga di perkuliahan. Salah satu contohnya adalah mesin absensi dengan pemindai sidik jari alias fingerprint. Selain itu, ada juga mesin dengan pemindaian wajah alias face ID, retina mata, atau bahkan ketiga-tiganya!

Untuk mesin pemindai sidik jari, maka jari yang sidiknya sudah tercatat dalam sistem hanya perlu ditempelkan di sebuah alat pemindai. Begitu cocok, maka layar yang biasanya juga terhubung dengan mesin ini akan menampilkan data karyawan yang baru saja absen untuk menandakan bahwa kehadirannya sudah tercatat di dalam sistem. Hal yang sama juga berlaku untuk mesin absensi dengan pemindai wajah atau retina. Hanya saja, jenis alat pemindainya saja yang berbeda – untuk face ID, wajah cukup ditunjukkan di depan alat pemindai yang akan melakukan scanning. Sedangkan untuk retina, mata perlu didekatkan ke alat agar bisa dipindai.

Penggunaan mesin absensi biometrik sangat mudah, cepat, dan praktis. Karena itu, tak heran jika banyak perusahaan menggunakannya. Belum lagi, risiko kecurangan oleh karyawan nakal juga sangat rendah, bahkan bisa ditekan sampai nol, karena sulit sekali untuk mengakali mesin seperti ini. Hanya saja, mesin absensi biometrik terbilang cukup mahal dari segi biaya investasinya, sehingga perusahaan pun masih ada yang mencari alternatif yang lebih terjangkau, tapi tak kalah andal dan akurat.

Aplikasi Absensi Online
Nah, jenis alat absensi karyawan yang satu ini merupakan alternatif yang dapat menjadi pertimbangan Anda. Berbeda dengan mesin absensi biometrik yang mahal, aplikasi absensi online jauh lebih terjangkau. Meski demikian, hanya jenis alat dan harga saja yang membedakan keduanya – dari segi kualitas, akurasi data, sinkronisasi secara online, dan integrasi data, aplikasi jenis ini juga tak kalah unggul.

Mudah dan praktis, aplikasi absensi online seperti yang ditawarkan Kantorkita.co.id jelas merupakan solusi yang sangat layak untuk dipertimbangkan. Belum lagi, Kantorkita juga menawarkan berbagai aplikasi perkantoran lainnya, seperti aplikasi slip gaji. Kunjungi Kantorkita.co.id untuk penawaran lengkapnya!

Baca juga :
Macam-Macam Sistem Absensi Bagi Perusahaan
Tips Memudahkan Pekerjaan Dengan Software Canggih Dan Murah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here