Macam-Macam Aplikasi Kantor

1
25

Macam-Macam Aplikasi Kantor – Seiring dengan pesatnya perkembangan zaman maka seharusnya segera pekerjaan dapat terselesaikan dengan cepat dan lancar. Dalam pekerjaan mengenal istilah karier yaitu tentang keterampilan dan prestasi yang didapat saat bekerja. Tentu saja Anda tidak ingin karier Anda mandek begitu saja.

Karier harus didukung dengan ketrampilan dan prestasi. Terlebih lagi era teknologi digital seperti saat ini yang menuntut semua pekerjaan dilakukan dengan cepat dan efektif. Sudah tidak ada hal pekerjaan yang terhambat oleh hal-hal atau sesuatu lain. Untuk mendukung hal tersebut pekerjaan juga ditunjang dengan berbagai aplikasi seperti aplikasi absensi online dan lain sebagainya.
(Baca juga : Perkembangan Aplikasi di Dunia Kerja
Aplikasi yang Memudahkan Karyawan)

Kemampuan dan keterampilan merupakan hal mutlak bagi seorang pekerja atau pencari kerja. Untuk seorang yang telah memiliki pekerjaan, tentu saja menginginkan peningkatan karier. Karier merupakan pencapaian dalam pekerjaan yang dapat memberikan dan meningkatkan kepuasan. Karier muncul dari adanya prestasi, dengan prestasi yang berkembang dan meningkat maka akan ada banyak hal baru yang bisa dipelajari di tempat kerja termasuk aplikasi slip gaji.

Macam-macam aplikasi kantor
Aplikasi perkantoran merupakan perangkat lunak atau software khusus digunakan dalam pekerjaan kantor. Aplikasi kantor biasanya setidaknya terdiri dari pengolah kata dan lembar kerja. Dalam perkantoran aplikasi digunakan untuk memudahkan pekerjaan dan mengelola data, sehingga setiap karyawannya dituntut untuk wajib mampu mengoperasikan berbagai aplikasi kantor. Aplikasi kantor dapat terdiri dari program presentasi, basis data, analisis data, grafis, dan komunikasi hingga aplikasi absensi. Berikut adalah beberapa aplikasi yang masuk dalam kategori aplikasi perkantoran antara lain:

  1. Microsoft office
    Microsoft office dikeluarkan oleh perusahaan Microsoft. Microsoft office digunakan untuk semua yang berhubungan dengan perkantoran. Software Microsoft office masih terus mengalami perbaikan dan penyempurnaan dengan fasilitas-fasilitas yang masih terus ditembah. Microsoft office terdiri dari mocrosoft word, excel, acces, power point, dan publisher. Setiap software Microsoft tersebut memiliki fungsinya masing-masing yang berbeda-beda.
    Untuk Microsoft word biasanya digunakan untuk keperluan surat, mengetik, laporan, dan lain sebagainya. Microsoft exel berguna untuk pekerjaan membuat grafik, menghitung, atau lainnya yang berhubungan dengan angka-angka. Sedangkan Microsoft access adalah software database dan Microsoft power point digunakan untuk presentasi.
  2. Open office
    Open office juga merupakan aplikasi perkantoran yang beroperasi dalam sistem linux. Namun ope office juga bisa diaplikasikan pada windows. Open office juga mempunyai fitur yang hampir dengan software Microsoft office seperti penyajian presentasi, spread sheet, pengolah kata, dan masih banyak lagi.
  3. Star office
    Star office memang tidak sepopuler Microsoft office, namun star office memiliki fungsi yang mirip dengan aplikasi perkantoran lainnya. software star office ini dikeluarkan oleh sun microsystem.
  4. Evernote
    Selain aplikasi windows diatas, dalam pekerjaan Anda juga membutuhkan aplikasi perkantoran yang mudah digunakan kapan saja dan dimana saja yaitu evernote. Aplikasi evernote sangat direkomendasikan untuk Anda yang sibuk dengan pekerjaan mobile dan perlu mencatatnya dalam smartphone. Evernote berfungsi seperti notes untuk melengkapi catatan yang memiliki banyak fitur lengkap di dalamnya seperti memberi poin, format font, merekam audio, video, foto, dan lain sebaagainya yang berhubungan dengan pekerjaan.
  5. Slack
    Slack merupakan aplikasi chatting untuk menunjang kebutuhan interaksi dan komunikasi sesam karyawan melalui mobile. Aplikasi chatting memang banyak dan hampir dimiliki oleh semua orang, namun dirasa kurang efektif untuk membicarakan urusan pekerjaan dan kantor. Untuk itu aplikasi slack hadir sebagai fitur chat perusahaan yang efektif. Dalam aplikasi slack, Anda bisa langsung membuat saluran diskusi, berbagi dokumen, bahkan dapat mengoperasikan data yang telah terintegrasi dengan dropbox, trello, google hangputs, dan lain sebagainya.
  6. Tiny scanner
    Tiny scanner adalah aplikasi yang sangat membantu untuk pekerja mobile yang tidak lepas dari urusan kantor setiap saat. Fungsi utama dari tiny scanner adalah memindai dari hard copy berupa apa saja misalnya foto, dokumen, laporan, dan lain sebagainya menjadi soft copy berupa pdf. Sehingga tiny scanner menjadi scanner otomatis dimana saja hanya melalui kamera.
  7. Trello
    Aplikasi perkantoran selanjutnya adalah trello yang merupakan aplikasi manajemen proyek bisnis. Fitur trello sangat lengkap seperti Anda bisa berbagi pekerjaan tanpa harus bertemu langsung.
  8. Skype
    Skype juga populer sebagai aplikasi perkantoran. Dengan skype Anda bisa melakukan panggilan video. Dalam pekerjaan skype digunakan untuk keperluan meeting dadakan.
  9. Mint
    Bicara soal perkantoran tentu akan bicara juga soal keuangan. Salah satu aplikasi yang dapat membantu Anda untuk mengatur dan merekam alur keuangan adalah aplikasi mint. Hanya melalui smartphone, aplikasi min sudah dapat membantu Anda dalam mengumpulkan informasi tagihan, pengeluaran, investasi, pemasukan, dan lain sebagainya secara teratur. Tampilan mint juga sangat friendly dan mudah untuk dioperasikan.

Selain harus dapat mengaplikasikan macam-macam aplikasi perkantoran tersebut, dibutuhkan juga adanya soft skill. Kemampuan dan keterampilan dalam mengoperasikan komputer juga wajib harus dimiliki. Setidaknya beberapa aplikasi kantor misalnya aplikasi absensi online atau offline, dan Microsoft Office terutama Microsoft word.

Soft skill merupakan sebuah kemampuan yang wajib dimiliki karyawan atau pencari kerja. Kemampuan soft skill yang sering kali diinginkan adalah kemampuan dalam berkomunikasi, bekerja bersama tim maupun individu, mengambil keputusan dengan cepat, berpikir kritis, dapat memecahkan masalah, membuat rencana prioritas, dan kemampuan mengoperasikan berbagai aplikasi perkantoran.

Team work atau bekerja dapat disebut sebagai kemampuan klasik, namun nyata sering diabaikan dan dilewatkan oleh banyak orang. Untuk dapat menjalin team work yang baik, Anda harus mampu berkomunikasi dengan baik dan efektif, memperhatikan hal kecil, menerima kritik dan saran dengan objektif, dan mampu memecahkan masalah secara bersama-sama.

Berikut berbagai aplikasi perkantoran yang dapat mempermudah pekerjaan dari masalah administrasi hingga aplikasi absensi.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here