Manajemen Absensi Menggunakan Aplikasi Online dan Manfaatnya

3
14

Manajemen Absensi Menggunakan Aplikasi Online dan Manfaatnya – Kesuksesan karier seseorang dalam bekerja adalah ketika rajin, bekerja dengan baik, dan terus mengembangkan dirinya. Sedangkan kesuksesan suatu perusahaan dapat dikarenakan integritas dan ketepatan para karyawannya. Untuk itu perusahaan harus memantau dan memonitor ketaatan dan kedisiplinan karyawan misalnyamenggunakan aplikasi absensi online.

Karier juga harus didukung dengan meningkatnya keterampilan dan juga prestasi. Apalagi pada masa teknologi digital saat ini menuntut karyawan bekerja dengan cepat dan efektif. Sehingga tidak ada lagi hambatan dalam melakukan suatu pekerjaan. Untuk mendukungnya maka dibuatlah berbagai inovasi yang dapat menunjang pekerjaan perusahaan dan juga karyawan melalui aplikasi kantor seperti absensi online dan aplikasi slip gaji online.

Alasan perusahaan harus memiliki manajemen absensi
Saat ini adalah masa dimana dorongan yang paling utama untuk membuat perusahaan dapat bersaing dengan kompetitor lain adalah produktivitas kerja dan efisiensi. Sehingga menuntut perusahaan harus terus berinovasi. Inovasi yang bisa dilakukan adalah dengan memperbaiki manajemen absensi atau kehadiran karyawan denganaplikasi perkantoran. Berikut adalah alasan perusahaan harus memiliki manajemen absensi antara lain:

  1. Modernisasi perusahaan
    Apapun jenis usahanya, setiap perusahaan diharuskan untuk mempunyai manajemen kehadiran sebagai bentuk mengembangkan karyawan ke depannya. Tidak sedikit perusahaan yang masih menggunakan absensi manual, padahal absensi manual dianggap kurang efektif dan sangat menguras waktu. Sehingga banyak bermunculan aplikasi perkantoran yang mendukung kinerja perusahaan.
  2. Informasi dan data yang real time
    Absensi kehadiran karyawan sangat bermanfaat bagi perusahaan kecil dan besar. perusahaan besar dengan multi cabang dapat mengorganisir karyawannya secara administratif dengan lebih mudah. sedangkan untuk perusahaan kecil membuat manajemen menjadi lebih teratur dan disiplin. Seiring dengan berkembangnya teknologi saat ini, absensi kehadiran karyawan tidak hanya scan kartu, wajah, atau jari, namun juga tersedia aplikasi absensi online berbasis cloud yang dapat diakses oleh karyawan dimanapun menggunakan smartphone. Sehingga membuat perusahaan dapat mengolah data kehadiran karyawan secara real tima dan terpusat dengan bantuan internet dan aplikasi.
  3. Teknologi baru yang efisiensi dan transparan
    Bagi perusahaan yang mempunyai multi shift harus mengatur jam kerja dan lembur para karyawannya. Sehingga sangat dianjurkan untuk menggunakan aplikasi perkantoran . Anda bisa menentukan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan, sehingga laporan data dapat dengan mudah diolah secara praktis dan otomatis. Hal tersebut dapat meningkatkan efesiensi dalam bisnis dan juga pemberian upah karyawan yang pasti, sesuai, dan jelas.
  4. Meningkatkan keamanan
    manajemen absensi karyawan yang baik juga akan menghindarkan dari hal buruk seperti manipulasi absensi dengan cara yang biasa dilakukan yaitu titip absen. Untuk itu Anda bisa menggunakan aplikasi scan sidik jari, sehingga identitas tidak dapat dipalsukan karena data terekam dengan sangat akurat.

Absensi kehadiran karyawan sering kali tidak dianggap penting, padahal itulah yang membentuk fondasi loyalitas karyawan pada sebuah perusahaan. Absensi terdiri dari dua jenis yaitu offline dan online. Absensi offline atau absensi manual adalah karyawan harus datang ke kantor dan menempelkan jarinya sebagai tanda telah masuk kerja, begitupun ketika sudah waktunya pulang. Ada juga pilihan absensi otentikasi password, kartu, dan scan wajah. Namun bagaimana jika karyawan tersebut memiliki tugas lapangan yang lebih banyak misalnya sales atau marketing, sehingga absensi online dirasa lebih fleksibel dan efisien.

(Baca juga: Manfaat Penggunaan Aplikasi Pendukung Manajemen Perusahaan)

Manfaat Aplikasi Absensi Online
Aplikasi absensi online menjadi terbosan untuk dapat mengelola suatu perusahaan di masa modern. Aplikasi kehadiran secara online ini sendiri merupakan sebuah aplikasi yang dapat mencatat kehadiran dan keterlambatan karyawan. Berikut adalah manfaat menggunakan aplikasi absensi online antara lain:

  1. Rekapitulasi otomatis
    Data kehadiran karyawan merupakan salah satu indikator penting dalam mengembangkan SDM perusahaan. Kehadiran setiap karyawan yang selalu tepat waktu atau konsisten dapat membantu perusahaan untuk mudah mengatur dan juga mengetahui ritme kerja para karyawan. Sehingga data dapat terupdate setiap hari.
  2. Mengurangi pengeluaran pengadaan perangkat
    Aplikasi absensi online dapat digunakan tanpa adanya perangkat tambahan yang lain. Menggunakan aplikasi online, setiap karyawan dapat mencatat kehadirannya melalui smartphone. Sehingga karyawan tidak perlu mengantre untu menulis atau mencatakan namanya pada mesin absensi di kantor. Dengan metode online, karyawan dapat langsung dilakukan menggunakan akun khusus karyawan . sehingga perusahaan tidak harus mengeluarkan biaya khusus untuk membeli atau mengadakan mesin khusus absensi. Perusahaan juga tidak perlu mengeluarkan biaya untuk perawatan. Selain dapat menggunakan mobile, absensi online juga dapat dilakukan melalui komputer atau laptop yang terhubung dengan internet.
  3. Pemantauan secara online
    Dengan aplikasi absensi online membuat pengelola dapat memantau langsung kehadiran karyawan secara online hanya menggunakan layanan internet. Kelebihan lainnya adalah setiap karyawan bisa melakukan absensi meski tidak sedang berada di kawasan kantor. Namun tantu saja dengan lokasi tertentu yang telah disepakati. Metode seperti ini sangat cocok digunakan untuk para karyawan yang lebih banyak memiliki tugas lapangan seperti sales atau marketing dan karyawan yang sedang menghadiri pertemuan di luar kantor.
  4. Meminimalkan kesalahan
    Saat perusahaan memiliki karyawan dengan jumlah yang banyak, sering kali juga terjadi kesamaan identitas seperti nama atau alamat. Hal tersebut bisa saja memungkinkan terjadinya kesalahan dalam pendataan informasi personal karyawan. Namun aplikasi absensi online memungkinkan karyawannya untuk melakukan koreksi terhadap informasi yang dianggap tidak sesuai.

Suatu perusahaan harus terus mengikuti perkembangan zaman dengan terus berinovasi dalam hal manajemen misalnya aplikasi perkantoran dan produktivitas, agar selalu dapat diterima oleh masyarakat. (Silahkan baca artike terkait : Absensi dengan Aplikasi Mobile Kantor Kita)

3 COMMENTS

  1. […] Soft skill merupakan sebuah kemampuan yang wajib dimiliki karyawan atau pencari kerja. Kemampuan soft skill yang sering kali diinginkan adalah kemampuan dalam berkomunikasi, bekerja bersama tim maupun individu, mengambil keputusan dengan cepat, berpikir kritis, dapat memecahkan masalah, membuat rencana prioritas, dan kemampuan mengoperasikan berbagai aplikasi perkantoran. […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here