Tips Memudahkan Pekerjaan Dengan Software Canggih Dan Murah

Tips Memudahkan Pekerjaan Dengan Software Canggih Dan Murah – Banyak kemudahan yang ditawarkan hanya dengan satu jari, dalam genggaman anda. Anda dengan mudah mengoperasikan management absensi, pembagian shift karyawan. Hal ini dengan mudah dikelola dan dengan baik terintegrasi. Perhitungan payroll pegawai dapat dengan mudah pula terhitung karena data absen karyawan yang terkirim dengan secara otomatis. Bahkan pola pembagian shift yang terkadang merepotkan dikarenakan jumlah karyawan yang banyak serta shift yang multi waktu, namun akan dengan mudah dapat diatur sesuai peraturan yang berlaku di perusahaan.
Sebagai karyawan anda akan sangat mudah melakukan absensi android. Semua itu terhubung secara otomatis ke bagian personalia. Yang akan terakumulasi secara otomatis pula. Bahkan tiada lembur yang terlewatkan dan tiada lagi repot mengisi blanko izin atau cuti. Karena semua sudah tersistem dan terhubung langsung. Baca : Absensi Online
Beberapa kemudahan yang akan anda peroleh dengan software absensi ini. Yang membuat anda baik sebagai karyawan yang menangani absensi maupun karyawan biasa :

Memudahkan dalam absen
Absen begitu mudah dengan aplikasi mobile. Hal ini dapat terjadi karena perangkat yang dihubungkan dengan teknologi GPS atau Global Positioning System. Absensi adalah hal penting karena sumber daya manusia dimulai dengan kedisiplinan yang menjadi aset penting bagi perusahaan. Namun disatu sisi management perusahaan terkadang tidaklah mudah dilakukan. Tak jarang seorang admin Human Resource bahkan manager Human resource sekalipun disibukkan dengan menghabiskan banyak waktu dalam menangani administrasi personalia karyawannya.padahal hal seperti ini begitu mudah dengan aplikasi absensi ini.
Namun hal fatal akan terjadi jika kesalahan dalam menghitung absensi karyawan terjadi, diantaranya adalah :

  • Perlakuan yang berbeda terhadap karyawan
  • Menurunnya kredibilitas perusahaan
  • Hitung Payroll karyawan
  • Mengirim slip gaji karyawan
  • Catatan riwayat akan slip gaji
  • Keamanan akun yang terjamin

Perlakuan yang berbeda terhadap karyawan
Saat HR membuat kesalahan dalam menghitung absensi, maka kompensasi yang akan diterima karyawan tersebut juga akan berpengaruh. Jika ada karyawan yang sudah memenuhi jatah lembur nya secara maksimal, namun karena salah hitung, maka terkesan HR membeda-bedakan dalam memperlakukan seorang karyawan.

Menurunnya kredibilitas perusahaan
Saat perusahaan memiliki cabang hingga 5 atau lebih. Maka perusahaan harus menganggarkan dana yang besar untuk membeli mesin fingerprint sejumlah cabang perusahaan. Sebagian perusahaan malah akan memberlakukan absen manual. Hal ini membuka peluang jika ada karyawan yang menyepelekan pekerjaan akan tidak terlihat. Namun bagi yang bertanggung jawab dalam pekerjaannya justru akan mendapat apresiasi dari perusahaan tidak sesuai dengan kinerja yang sudah dia lakukan.

Penghitungan lembur yang proporsional
Dengan aplikasi absensi ini, maka prestasi kerja karyawan dengan sangat mudah terdeteksi. Perusahaan dapat menghitung dengan tepat siapa saja karyawan yang sudah mencapai batas maksimal lembur ataupun yang belum memenuhi target dalam pekerjaannya. Sebagian perusahaan bahkan mengadakan pemilihan karyawan, kepala bidang maupun manager cabang atau pusat yang terbaik setiap bulannya. Yang diumumkan di web intern perusahaan.
Hal ini sangat berpengaruh dalam memotivasi karyawan. Serta karyawan yang bersangkutan juga akan merasa dihargai. Dengan sistem seperti ini maka setiap karyawan akan berpacu dalam meningkatkan sumber daya mereka. Terlebih award yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawan terbaik adalah award yang menggiurkan. Baik bonus uang ataupun trip wisata.
Pencatatan perjalanan dinas
Sistem ini mencatat perjalanan dinas dengan akurat. Juga mencatat kunjungan client atau kunjungan hal karyawan terhadap suatu prospek. Hal ini sangatlah penting dalam mengukur keberhasilan perusahaan serta dalam pencapaian target perusahaan. Perusahaan sendiri akan dengan mudah mendata client yang belum maksimal dikunjungi yang berimbas pada evaluasi prestasi perusahaan yang biasanya dilakukan secara berkala.
Permohonan cuti karyawan
Sebagai karyawan terkadang anda ragu dalam mengambil cuti. Atau bahkan anda lupa sisa berapa hari lagi cuti tahunan anda. Cuti adalah layaknya charge bagi segala rutinitas anda yang setiap hari dijalani. Kepenatan yang sudah sangat menjemukan. Hal ini pasti akan berdampak pada kinerja dan semangat anda.
Bagi perusahaan pun hal ini akan menguntungkan, jika mendapatkan karyawan yang fresh dan semangat tinggi. Untuk itulah perusahaan senantiasa memberikan cuti tahunan kepada seluruh karyawan sesuai peraturan yang berlaku menurut Undang-undang. Aplikasi ini memungkinkan pencatatan cuti akan dilakukan dengan sangat mudah bagi HR.
Lain halnya bagi karyawan yang tidak mengambil masa cutinya, atau resign sebelum sempat menghabiskan masa cutinya, maka peraturan yang berlaku adalah cuti tersebut dapat diuangkan. Dalam hal ini tentu saja memerlukan perhitungan yang tepat.
Dalam prakteknya menghitung sisa cuti yang ingin diuangkan adalah jumlah total hari kerja cuti yang menjadi hak seorang karyawan, yang masih tersisa, sampai dengan tanggal efektif pengunduran diri karyawan tersebut yang dikali dengan gaji bulanannya. Namun akan sangat mudah dilakukan seorang HR dengan aplikasi absensi ini.
Record pengajuan ijin yang terdata baik
Monitoring produktivitas karyawan, akan ijin yang dilakukan akan dapat di record dengan baik. Aplikasi yang terhubung ke web dan cloud, karyawan tak perlu lagi mengisi form ijin secara manual. Tapi cukup duduk di meja kerja dengan membuka aplikasi, lalu mengisi form secara online. Bagian HRD ataupun bos anda akan mendapatkan notifikasi via email. Mereka akan langsung dapat memprosesnya. Dan anda akan langsung mendapat jawaban dari HRD maupun bos anda apakah permohonan anda tersebut disetujui atau tidak.
Dengan aplikasi yang berbasis cloud, maka aplikasi tersebut dikelola dari sebuah web server. Yang dapat digunakan tentunya dengan menggunakan browser. Dalam hal ini tentunya pengguna terhindar dari membeli aplikasi yang tidak murah harganya. Yang terpenting aplikasi yang ditawarkan juga memiliki berbagai keamanan terutama perlindungan dari serangan cyber yang sangat merugikan pengguna aplikasi tersebut.
Slip gaji secara online
Aplikasi slip gaji ini memudahkan dalam memberikan slip gaji online secara elektronik bagi karyawan setiap bulannya. Terkadang karyawan membutuhkan slip gaji dalam pengajuan kredit atau proses administrasi lainnya. Karyawan tidak perlu mengajukan permohonan slip gaji yang hanya akan menyita waktu HRD dalam memprosesnya. Namun karyawan tersebut hanya perlu membuka aplikasi serta mengisi dengan nama dan nomor identitas pegawai saja, lalu dapat mencetaknya. Hal ini tentu akan sangat akurat dengan komponen gaji yang berlaku di perusahaan tersebut.

Kemudahan dalam pemberian bukti gaji

Beberapa hal yang dapat anda peroleh dengan aplikasi slip gaji online diantaranya :


Perhitungan gaji yang lebih transparan

Hitung Payroll karyawan
Penghitungan Payroll otomatis hingga pajak maupun BPJS seorang karyawan dari setiap bulannya.yang tentunya dilengkapi dengan integrasi payroll tersebut dengan komponen gaji karyawan yang bersangkutan.

Mengirim slip gaji karyawan
Setelah Payroll dihitung, maka anda dapat langsung mengirim slip gaji anda. Tentunya aplikasi ini sangat bersifat opsional yang tentunya dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

Catatan riwayat akan slip gaji
Setiap bulannya riwayat slip gaji karyawan akan tersimpan dengan baik. Hal ini menguntungkan karyawan karena dapat melihat slip gajinya melalui akun dan aplikasi mobile.

Keamanan akun yang terjamin
Hanya seorang admin dari HRD yang memiliki akses untuk melihat slip gaji seorang karyawan. Sementara setiap karyawan memiliki akun password nya sendiri.

Slip gaji adalah sesuatu hal yang menghabiskan tenaga dan hal lainnya dari perusahaan. Slip gaji juga perlu untuk dicetak agar segala rincian tertera di dalamnya. Namun ada beberapa keuntungan dengan adanya aplikasi slip gaji online ini. Hal ini bukan hanya menguntungkan anda sebagai karyawan namun juga perusahaan itu sendiri, diantaranya adalah

Menghemat penggunaan kertas
Tak ada salahnya sebagai karyawan yang meski tidak bersentuhan langsung dengan kelestarian lingkungan hidup, anda juga memperhitungkan kertas yang dihabiskan dalam mencetak slip gaji. Jika dapat menghemat penggunaan kertas dari berbagai bagian di perusahaan, maka secara tidak langsung sudah ikut menjaga kelestarian lingkungan. Produksi kertas juga berimbas pada kestabilan hutan kayu kita.
Di sisi lain, terkadang karyawan tidak perlu mencetak slip gaji mereka, namun hanya nominalnya saja. Potongan, bonus, pajak dan lainnya. Pada masa sekarang, slip gaji identik dengan kertas yang berisi segala perincian gaji. Sudah saatnya hal ini dihilangkan dengan sesuatu yang lebih sederhana yaitu slip gaji online.

Kemudahan akses slip gaji dan real-time notifikasi saat terdapat slip gaji baru terkirim.

Mudah untuk diakses dimanapun
Sesuai dengan namanya yaitu slip gaji online, maka anda dengan mudah dapat mengaksesnya di manapun. Anda hanya perlu membuat akun perusahaan dan akun untuk anda sebagai karyawan. Bagi karyawan HRD, hanya dengan mobile anda dapat memantau dan mengelola gaji karyawan.
Bagi karyawan, hal seperti ini sesuai dengan keterbukaan informasi saat ini. Jika ada hal yang kurang berkenan dengan rincian slip gaji, maka akan langsung dapat diproses kepada yang berwenang.

Mudah dikirim dalam waktu singkat
Bukan hanya perusahaan dan karyawan saja yang dapat mengakses slip gaji online, namun slip gaji online ini dapat dikirim kepada pihak yang membutuhkan. Dan dalam waktu singkat, perincian gaji serta potongan-potongan gaji karyawan dapat langsung dikirim dan tersimpan dalam akun email pribadi karyawan tersebut. Karyawan Pun dapat secara langsung mengunduhnya. Hal semacam ini tentu saja sangat meringankan kinerja dari bagian personalia.

Back up akan data menjadi sangat mudah dan cepat
Segala data perihal slip gaji anda, akan tersimpan meski anda kehilangan telepon seluler anda namun anda masih bisa membuka akun anda dari perangkat lainnya dengan ketersediaan jaringan internet. Ini terjadi karena seluruh data tersimpan dengan baik dalam database yang akan selalu di back up oleh pengelola aplikasi tersebut.

Kerahasiaan tergaja

Privasi serta keamanan data anda akan terjamin
Informasi dan data yang di input dalam slip gaji online adalah data yang bersifat pribadi dan rahasia. Yang dapat dipertanggungjawabkan akan keabsahannya. Maka pihak perusahaan harus mampu memastikan bahwa data karyawan tersebut benar-benar data yang valid, dan bukan data yang fiktif.
Upaya yang dapat dilihat dalam hal menjaga keamanan tersebut adalah pada penggunaan password dan kata sandi yang akan digunakan dalam mengakses akun tersebut.

Kebijakan perusahaan dalam menerapkan aplikasi kepegawaian online adalah salah satu upaya penting dalam mengikuti perkembangan zaman. Banyak hal yang dapat diupayakan dalam rangka memudahkan pekerjaan bagian personalia. Hal ini juga membuat karyawan dapat melakukan banyak hal yang berhubungan dengan personalia dengan hanya membuka akun mereka tanpa proses panjang serta dalam waktu yang sangat cepat.
Baca : Absensi Online untuk lebih jelas mengenai aplikasi kepegawaian online Kantor Kita. Semoga beberapa paparan diatas dapat menjadi pertimbangan anda dalam mempermudah kegiatan personalia perusahaan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *