5 Manfaat Aplikasi Slip Gaji Bagi Perusahaan

3
16

5 Manfaat Aplikasi Slip Gaji Bagi Perusahaan – Slip gaji dapat dikatakan sebagai bukti sah bagi pembayaran gaji karyawan dalam suatu perusahaan. Dalam slip gaji akan tercantum sejumlah data pembayaran karyawan seperti gaji pokok, gaji tambahan, potongan gaji, potongan pajak, hingga jumlah gaji bersih yang diterima karyawan. Data ini biasanya dilampirkan dalam sebuah kertas, namun dengan kemajuan teknologi saat ini kebutuhan kewajiban pembayaran gaji tersebut dapat dilakukan secara digital dengan memanfaatkan aplikasi seperti kantorkita. Keberadaan aplikasi seperti ini tentu akan memberi banyak dampak positif bagi kehidupan perkantoran. Berikut ini manfaat aplikasi perkantoran slip gaji bagi perusahaan :

  1. Pendataan Keuangan Karyawan Jelas
  2. Slip Gaji Secara Online
  3. Transparansi Perhitungan Gaji
  4. Meminimalkan Biaya Operasional
  5. Akurasi data

1.Pendataan Keuangan Karyawan Jelas
Keuangan menjadi hal yang sangat sensitif bagi perusahaan dan karyawan. Pendataan pembukuan perusahaan menjadi sebuah kewajiban bagi berjalannya perusahaan. Salah satu pos yang tidak bisa dilepaskan adalah perihal pembayaran tenaga karyawan. Bila perusahaan memiliki banyak karyawan, aplikasi slip gaji bisa memberikan kemudahan dalam perhitungan serta pendataan pembayaran karyawan yang mudah dan pasti. (Baca juga: Tips Mudah Mengelola Pembayaran Gaji Karyawan Secara Tepat dan Cepat)

2. Slip Gaji Secara Online
Slip gaji umumnya dilampirkan dalam secarik kertas yang diserahkan pada karyawan pada saat pembayaran gaji baik dengan cara diberikan langsung maupun dikirimkan kepada rekening bank karyawan. Kertas slip gaji tentu banyak memiliki keterbatasan seperti dapat mudah rusak karena air, keterbatasan halaman, serta detail yang bisa dimasukkan. Hal ini tidak akan ditemukan dalam slip gaji digital. Aplikasi ini berjalan dalam berbagai sistem operasi smartphone yang memungkinkan karyawan bisa menerima data gajinya secara digital. Data digital ini dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan karyawan hingga memudahkan pengarsipan data slip gaji karyawan untuk kebutuhannya. Bagi perusahaan, slip gaji ini tentu akan memudahkan pemberian data serta mengurangi kebutuhan kertas yang semakin mahal.

3. Transparansi Perhitungan Gaji
Detail mengenai perhitungan gaji karyawan menjadi salah satu hal yang cukup sensitif baik bagi perusahaan maupun karyawan itu sendiri. Dengan data digital dalam aplikasi slip gaji maka semakin memungkinkan perusahaan untuk memberikan banyak detail dalam data yang tertulis pada slip gaji. Transparansi perhitungan gaji juga akan menjadi pertimbangan karyawan dalam bekerja. Dengan transparansi penggajian yang baik, tingkat kepercayaan karyawan akan semakin tinggi sehingga berdampak pula pada kinerja karyawan pada perusahaan.

4. Meminimalkan Biaya Operasional
Dengan keberadaan aplikasi slip gaji seperti kantorkita maka perusahaan bisa menekan berbagai biaya operasional. Aplikasi ini sangat mudah dijalankan hanya dalam genggaman melalui smartphone. Untuk kebutuhan slip gaji, bukti pembayaran secara digital tentu akan lebih murah dibanding harus membeli kertas dan tinta untuk mencetaknya. Aplikasi Kantorkita juga memberikan kemudahan pada sistem absensi karyawan dan perizinan. Kantorkita juga berfungsi sebagai aplikasi absensi online yang efektif dan efisien. Perusahaan juga tidak harus membeli berbagai macam alat konvensional seperti printer untuk mencetak slip gaji, peralatan absensi mahal, dan kertas.

5. Akurasi Data
Setiap kantor perusahaan memiliki sistem penggajian yang berbeda-beda. Proses input data pembayaran karyawan akan semakin mudah bila sistem tersebut telah didigitalkan sehingga HR hanya tinggal memasukkandata tentang absensi, perijinan, dan berbagai komponen bonus serta potongan gaji bagi karyawan. Sistem pembayaran yang telah disesuaikan akan menghitung secara otomatis gaji yang akan diterima oleh karyawan. Data ini dapat diupdate secara realtime sehingga perusahaan dapat memantau dan mengawasi keuangan terutama pada sistem penggajian. Akurasi data yang diberikan oleh aplikasi ini tentu sangat menguntungkan bagi perhitungan keuangan perusahaan.

Sekarang sudah tidak perlu dikawatirkan lagi bagi perusahaan untuk menerbitkan slip gaji digital dengan mudah. Melalui aplikasi Kantor Kita, pengelolaan administrasi kehadiran atau absen hingga payroll akan lebih menguntungkan. Bagi perusahaan, cukup dengan mendaftarkan data perusahaan resmi melalui website Kantor Kita lalu kelola akun untuk memulai memasukkan (invite) akun karyawan. Bagi karyawan, dapat unduh aplikasi Kantor Kita di Play Store dan App Store (coming soon). Ingat, slip gaji yang telah diterbitkan oleh perusahaan (akun perusahaan induk) dapat di print dan dimintakan stempel resmi perusahaan yang bersangkutan untuk menambah validasi ketika slip gaji online akan digunakan untuk kepentingan tertentu.

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here