Absensi Online

10
31
24553070 - roll call

Absensi Online – Jaman semakin canggih dan segala hal bisa dilakukan secara online sekarang ini termasuk juga sudah tersedia slip gaji online, juga aplikasi absensi atau software absensi dengan absensi android. Simak pembahasannya berikut ini.
Baca : Tips Memudahkan Pekerjaan Dengan Software Canggih Dan Murah

Absensi Karyawan

Apa itu Absensi Android
Absensi Android adalah suatu sistem absensi secara online yang berbasis aplikasi android. Seiring dengan semakin banyaknya pengguna smartphone berbasis android maka kini juga sudah tersedia software absensi berbasis aplikasi android. Siapapun hampir pasti memiliki smartphone android. Bahkan kini kadang satu orang bahkan bisa memiliki lebih dari satu smartphone berbasis android dari berbagai merk. Sistem absensi itu sangat penting guna mengetahui kehadiran seorang karyawan di lokasi kerjanya pada suatu perusahaan. Perkembangan sistem absensi sudah melaju dengan sangat pesat. Jika dulu menggunakan kertas, lalu berganti jadi menggunakan fingerprint, lalu berkembang ada pula absensi dengan menggunakan pengenalan wajah maka kini cukup dengan hanya menggunakan sebuah smartphone Android saja sudah bisa melakukan absensi secara online. Banyaknya jumlah pengguna smartphone android sangat memungkinkan beberapa perusahaan untuk memperbarui sistem absensi berbasis smartphone tersebut. Sudah banyak perusahaan modern yang mulai beralih ke sistem absensi online berbasis android ini karena lebih efisien, juga efektif dan juga cepat serta terintegrasi dan secara otomatis, juga real time. Karyawan juga dapat melakukan absensi di mana saja pada lokasi yang telah ditetapkan oleh perusahaan tanpa berlama-lama mengantri terlebih dahulu.

Memudahkan dan menghemat waktu untuk melakukan absen kerja

Cara Absensi secara Online
Cara untuk melakukan absensi pada aplikasi android secara online itu bisa dilakukan dengan beberapa cara berikut ini, yakni bisa dengan menggunakan fingerprint authentication ataupun dengan cara menggunakan face identification guna menentukan dan mengidentifikasikan bahwa pegawai yang melakukan absensi tersebut adalah benar karyawan yang bersangkutan sendiri. Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk kelancaran keberlangsungan penggunaan sistem absensi berbasis smartphone tersebut, yakni smartphone android yang dipergunakan oleh karyawan untuk melakukan absensi adalah smartphone yang memiliki sensor fingerprint, dan ada kamera depan, juga terdapat id user atau karyawan dan juga dapat mengenali lokasi GPS, serta terdapat nomor imei smartphone dan juga security aplikasi itu sendiri.
Sensor fingerprint serta kamera depan itu akan digunakan untuk otentikasi user. Kemudian id user akan digunakan untuk mencocokkan data absensi dari smartphone ke server. Sedangkan lokasi GPS digunakan untuk mengetahui atau melakukan tracking lokasi pegawai pada saat melakukan absen. Kemudian nomor seri imei smartphone akan digunakan untuk mengetahui bahwa karyawan yang melakukan absensi dengan menggunakan smartphone tersebut adalah karyawan yang sama dengan yang sejak awal absen kedatangan hingga selesai saat absensi kepulangan. Lalu security pada aplikasi akan digunakan untuk menghindari kemungkinan terjadinya kecurangan yang antara lain bisa berupa fake gps hingga melakukan modifikasi aplikasi itu sendiri. Salah satu cara melakukan pengamanan security pada aplikasi absensi berbasis smartphone android tersebut adalah antara lain dengan munculnya notifikasi pop up peringatan untuk menghapus aplikasi fake gps dan sejenisnya lalu user tidak akan bisa melakukan login pada aplikasi tersebut atau otomatis terkunci guna menghindari terjadinya penyalahgunaan atau manipulasi. Keseluruhan data yang diperoleh dari aplikasi saat melakukan absensi kemudian akan tercatat dalam database server secara online. Data mengenai waktu, dan lokasi serta jangka waktu lamanya bekerja akan tercatat dan terlaporkan dan juga akan tampil pada aplikasi user. Dengan adanya aplikasi absensi online berbasis android tersebut maka pimpinan perusahaan dapat dengan mudah mengetahui posisi masing-masing karyawannya selama pada waktu jam kerja.

Kelebihan Absensi Android Online
Selain karena banyaknya jumlah pengguna android maka berikut ini adalah beberapa kelebihan lainnya.

Lebih Efisien dari Segi Biaya
Aplikasi absensi online itu tidak membutuhkan perangkat fisik mesin absensi dan juga pemasangan sistem, sehingga akan bisa lebih menghemat pengeluaran perusahaan. Jadi misalnya, perusahaan yang mempekerjakan sales di banyak supermarket ataupun department store, maka tidak perlu membeli dan memasang mesin pencatat kehadiran untuk di setiap tempat lokasi karyawan bekerja.
Dengan absensi android secara online ini maka pihak perusahaan cukup mendaftar saja, lalu mengunduh aplikasinya, dan kemudian sudah bisa menggunakannya langsung mencobanya lewat smartphone berbasis OS Android yang telah banyak sekali penggunanya. Karyawan juga bisa melaporkan kehadirannya dengan melakukan swafoto atau selfie melalui telepon genggam smartphone mereka masing-masing yang sudah terpasang aplikasinya.

Hemat dan murah

Mendorong Karyawan Supaya Lebih Produktif
Dengan sistem absensi android secara online tersebut maka karyawan yang bekerja di luar kantor juga bisa lebih menghemat banyak waktu, karena tanpa perlu datang ke kantor hanya untuk absen lalu kembali lagi ke tempat lokasi bertugas. Daripada membuang waktu di jalan hanya untuk melakukan absensi maka karyawan dapat lebih produktif dengan fokus di lokasi tempat mereka bekerja dan bisa mencatatkan kehadirannya lewat aplikasi android di tempat.

Dapat Meminimalisir Kecurangan
Absen android secara online dengan menggunakan teknologi Global Positioning System (GPS) dan juga biometrik yang dapat memverifikasi kehadiran karyawan pada suatu tempat maka foto wajah akan dapat dicocokkan dengan data karyawan yang tersimpan di sistem, serta juga posisi pengguna aplikasi akan memberikan informasi mengenai keberadaannya secara real time saat itu juga yang dapat terlacak oleh GPS.
Dengan sistem absensi online tersebut maka karyawan atau siapa pun tidak mungkin bisa melakukan manipulasi ataupun mengubah data absensi, karena data digital tersebut telah dienkripsi dan juga tersimpan aman pada server penyedia aplikasi.

Memudahkan Analisa Data Kehadiran Karyawan
Aplikasi absensi android secara online tersebut akan memberikan informasi mengenai kehadiran karyawan secara real time. Sambil meeting di kantor atau mengerjakan pekerjaan lain sudah bisa mengetahui secara langsung pada saat itu juga data mengenai karyawan yang tidak masuk pada hari itu. Bahkan juga saat sedang berada di luar kantor, di luar kota sekalipun akan tetap bisa untuk memantau data mengenai siapa saja dan juga tentang berapa orang yang hari itu datang terlambat, dan lain sebagainya.
Dengan sistem kehadiran online tersebut maka tidak perlu harus membuat rekap absensi periodik pada saat membutuhkan data kehadiran karyawan. Informasinya juga sudah real time jadi sangat berguna jika akan menganalisis data absensi untuk pengambilan keputusan penting dengan cepat dan segera.

Sudah Terintegrasi Dengan Sistem Penggajian secara Online
Salah satu keunggulan lain lagi dari sistem absensi android online ini adalah karena juga sudah terintegrasi dan dapat menghitung gaji karyawan dengan secara otomatis juga, dan bahkan secara real time pula, perlu diketahui bahwa sistem penggajian itu memang erat kaitannya dengan sistem absensi karyawan. Terkait dengan pengupahan saat karyawan melakukan lembur juga sudah dapat dihitung pula pengupahannya. Lalu slip gaji juga bisa dikirim secara online dengan praktis dan cepat kepada masing-masing karyawan. Kecanggihan teknologi membuat jaman paperless.

Praktis dan Memudahkan bagi Karyawan
Bagi karyawan sistem absensi android online ini juga sangat praktis dan memudahkan. Melalui aplikasi android ini juga karyawan dapat mengajukan ijin cuti dan yang lainnya, dengan secara praktis dan mudah.

Kekurangan Sistem Absensi Online
Jika dibandingkan dengan sistem absensi sebelumnya yang menggunakan kertas dan mesin absensi ceklok yang rawan manipulasi karena karyawan dapat menitipkan absensinya dan berbagai cara kecurangan lainnya, sehingga data absensi bisa dikatakan jauh dari akurasi data, maka sistem absensi android secara online jelas memiliki banyak kelebihan, bahkan jika dibandingkan dengan mesin absensi digital yang canggih serta mahal biayanya sekalipun, seperti mesin absensi yang menggunakan magnetic card atau mesin-mesin absen biometric yang dapat berupa mesin absensi fingerprint matic ataupun mesin absen pendeteksi wajah, mesin absen tersebut sudah dapat kita temui di kebanyakan kantor. Cara kerja mesin absen biometric itu sudah jauh lebih canggih jika dibandingkan dengan mesin absensi pendahulunya, seperti mesin absensi magnetic card yang meski tiap karyawan sudah diberi ID dan password masing-masing pada chip magnetic cardnya namun masih bisa tetap diakali dan dicurangi, dimanipulasi dengan mudah yakni dengan cara titip absensi dengan menitipkan id magnetic cardnya kepada karyawan lain. Adapun untuk akses masuk ke ruangannya sang karyawan bisa minta tolong untuk dibukakan pintu dari dalam ruangan oleh karyawan lain secara bergantian. Jika dengan menggunakan mesin absensi biometrik memang hal tersebut sulit dan tidak bisa dilakukan karena sistem absensi dilakukan dengan melihat atau mendeteksi karakteristik tertentu yang ada pada diri manusia tersebut, yakni seperti dengan membandingkan data sidik jari atau fingerprintnya ataupun dengan cara membandingkan mata atau wajah atau face dari tiap karyawan yang melakukan absen kemudian mengidentifikasikan karyawan saat proses pengabsenan tersebut sehingga akan sulit untuk dilakukan manipulasi, namun ada kelemahannya yang sangat besar dan mendasar, yakni pada faktor harga pengadaan mesinnya yang sangat mahal. Hal tersebut akan memerlukan biaya investasi yang sangat mahal sekali. Sedangkan kelemahan sistem absensi android online adalah hanya jika terjadi gangguan koneksi internet saja atau ketika smartphone karyawan rusak maka baru timbul kendala, namun dari segi biaya maka anggarannya akan jauh lebih murah. Adapun kekurangan itu juga bisa dengan mudah diatasi, yakni dengan untuk sementara melakukan absensi dengan secara manual, hingga kendala teratasi.

Salah Satu Penyedia Jasa Aplikasi Absensi dan Penggajian secara Online Berbasis Android
Kantorkita.co.id merupakan solusi absensi karyawan secara realtime dengan fitur manajemen perizinan dan slip gaji berbasis aplikasi android nomor 1 di Indonesia. Dilengkapi dashboard website untuk memantau kapan saja dan dimana saja.
Absen mudah dengan aplikasi mobile dan dikombinasi dengan teknologi GPS (Global Positioning System).

Harga Sistem Absensi dan Penggajian Online
Tanpa minimum jumlah user karyawan dan dengan biaya yang terjangkau yakni hanya 7.500 Rupiah per user per bulan untuk semua fitur aplikasi Kantor Kita. Harga tersebut cukup murah dan terjangkau karena produk lain ada yang mematok pada harga di kisaran lima belas ribu Rupiah per user karyawan dengan menetapkan syarat jumlah minimal user antara enam hingga sepuluh user karyawan. Produk absensi dari Kantorkita tidak menetapkan persyaratan jumlah user karyawan minimal dan juga terdapat program gratis uji coba pemakaian selama 30 hari, tanpa biaya atau tak berbayar.

Disamping itu, aplikasi Kantor Kita juga dilengkapi dengan berbagai fitur yang sangat membantu perusahaan dalam pengelolaan terutama dibidang administrasi dan kepegawaian. Fitur yang dimaksud antara lain pengajuan cuti, payroll online, pencatat perjalanan dinas yang dilengkapi fitur keuangan reimbursement dan perhitungan waktu lembur. Aplikasi Kantor Kita ini memfasilitasi transparasi di persahaan yang berguna baik bagi pihak personalia perusahaan ataupun karyawan sebagai user. Baca : Tips Memudahkan Pekerjaan Dengan Software Canggih Dan Murah untuk penjelasan lebih lengkap.

Kontak
Anda bisa menghubungi Kantor Kita di jalan Pamularsih No 152 B, Sleman, Yogyakarta
atau via telepon +62 8129329999 dan email [email protected]
guna mendaftar maupun untuk mendapatkan penjelasan dan informasi lebih lanjut.
Demikianlah pembahasan kita kali ini mengenai absensi online.

10 COMMENTS

  1. […] Kelebihan lainnya yang diperoleh dari aplikasi perkantoran Kantor Kita adalah rekapitulasi absen yang mudah digunakan. Terdapat fitur absen masuk dan keluar untuk karyawan hanya melalui handphone saja. Adapula fitur perjalanan dinas yang dapat memudahkan pengelolaan absen ketika karwayan bertugas jauh dari kantor termasuk reimbursment yang dapat diajukan kepada perusahaan melalui aplikasi. Selengkapnya silahkan baca : Absensi dengan Aplikasi Mobile Kantor Kita dan Absensi Online. […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here