Inilah Cara Sukses Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan

2
10

Inilah Cara Sukses Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan – Produktivitas karyawan menjadi salah satu hal yang penting untuk mendukung keberlangsungan suatu usaha. Saat karyawan kurang produktif, kegiatan operasional perusahaan tentu akan tertunda dan dapat menghambat perusahaan Anda untuk mendapatkan keuntungan. Jika produktivitas karyawan menurun, hal ini mungkin disebabkan karena Anda belum mengimplementasikan strategi peningkatan produktivitas dengan tepat. Untuk itu, berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan kinerja karyawan di perusahaan Anda. (Baca juga : Kiat Meningkatkan Kedisiplinan Karyawan Perusahaan yang Terbukti Berhasil )

Menyediakan Lingkungan Kerja yang Baik
Beberapa ahli SDM mengatakan bahwa lingkungan kerja adalah salah satu faktor penting untuk meningkatkan produktivitas dan kinerja karyawan. Lingkungan kerja di sini dapat berupa fasilitas dan suasana kerja misalnya suhu ruangan, kebisingan, sirkulasi udara, keselamatan kerja, dan hal lainnya.

Memberi Pelatihan yang Cukup Untuk Karyawan
Mungkin ada yang beranggapan bahwa pelatihan karyawan bukan hal yang penting dan hanya menghambur-hamburkan uang perusahaan. Atau Anda mungkin berharap karyawan mampu melatih diri sendiri dengan mempraktekkan pekerjaan mereka secara langsung. Namun tidak semua karyawan mampu belajar secara otodidak. Selain itu, tanpa adanya training juga berpotensi menimbulkan masalah yang lebih banyak untuk perusahaan.
Pelatihan yang tepat merupakan hal yang penting untuk mendukung produktivitas karyawan. Training atau pelatihan dapat meningkatkan kemampuan dan pengetahuan karyawan dalam bekerja. Jadi karyawan dapat melaksanakan pekerjaan secara professional dan lebih bersemangat dalam bekerja. Jika biaya yang tersedia sangat terbatas, Anda dapat memberikan training melalui seminar internal dengan Anda menjadi pembicara atau meminta karyawan dengan skill yang bagus untuk melatih karyawan lainnya. Selain itu, mintalah pula karyawan tersebut untuk belajar dari webinar atau tutorial gratis yang banyak tersedia di internet.

Anda juga dapat melakukan cross-training yang mudah dilakukan serta tidak memerlukan biaya. Cara ini dilakukan dengan cara mengijinkan karyawan bertukar kemampuan atau saling mengajari satu sama lain. Cross training akan membuat setiap karyawan menjadi bisa lebih diandalkan. Contohnya, saat staff keuangan sedang cuti, karyawan lain yang telah mendapat cross training dapat menggantikan pekerjaannya untuk sementara. Anda juga tidak perlu khawatir tentang keterlambatan pembayaran.

Memberikan Mesin dan Peralatan Kerja Memadai
Produktivitas karyawan akan sulit ditingkatkan ketika mereka tidak memperoleh fasilitas yang memadai di tempat kerja. Koneksi internet yang lambat atau komputer sering error dapat menyulitkan karyawan untuk menyelesaikan tugas. Untuk memotivasi karyawan agar dapat bekerja secara produktif, Anda sebaiknya mengurangi berbagai paperwork di perusahaan. Solusi otomatis misalnya sistem slip gaji online dapat membantu mengoptimalkan produktivitas karyawan dengan cara menghilangkan sebagian besar pekerjaan manual. Jadi karyawan dapat melakukan pekerjaan lain dan lebih produktif.

Meyakinkan Karyawan Bahwa Mereka Mampu Melakukan Pekerjaan Dengan Baik
Doronglah karyawan untuk menemukan solusi sendiri lebih dahulu ketika menghadapi permasalahan. Bila memang perlu bantuan, Anda baru dapat memberikan mereka bantuan untuk menyelesaikan masalah. Beri mereka tantangan serta ruang gerak lebih besar dalam bekerja

Meyakinkan Bahwa Anda Selalu Mendukung Mereka
Beri mereka keyakinan bahwa mereka tidak bekerja sendirian dan Anda selalu ada di belakang mereka serta siap memberi arahan yang tepat. Dengan cara ini, karyawan tentu akan merasa lebih percaya diri dalam bekerja

Menentukan Target dan Tujuan yang Jelas
Setiap karyawan wajib mengetahui apa yang Anda inginkan dari mereka. Jadi kepuasan kerja akan muncul ketika target atau tujuan yang ditentukan berhasil dicapai. Cobalah menentukan tujuan yang realistis dan mungkin dicapai

Mendengarkan Keluhan Mereka
Anda perlu mengadakan pertemuan singkat setidaknya 1 minggu sekali untuk bertukar pikiran dengan karyawan. Pertemuan ini dapat menjadi wadah untuk mengetahui apa yang dipikirkan oleh karyawan dan apa yang mereka inginkan dari perusahaan. Dari pertemuan ini, Anda mungkin juga akan memperoleh ide-ide yang luar biasa

Jangan Sungkan Memberikan Pujian
Setiap orang tentu merasa senang mendengar pujian. Pujian yang tepat dapat memberikan semangat kerja dan memotivasi karyawan untuk menjalankan tugas dengan lebih baik. Tidak sedikit atasan yang enggan dan malu memberikan pujian untuk karyawannya. Padahal hal ini dapat memberikan efek yang luar biasa.

Merayakan Keberhasilan
Ketika tim yang Anda pimpin berhasil meraih target yang sudah ditentukan, Anda dapat memberikan apreasiasi baik berupa acara makan bersama atau piknik bersama. Bahkan perayaan keberhasilan dengan hadiah seperti coklat pun sudah termasuk bentuk apreasiasi. Tidak peduli sekecil apapun pencapaian karyawan, mereka perlu diberi apreasiasi. Dengan adanya apresiasi, karyawan akan mengetahui bahwa Anda menyadari keberhasilan mereka. Hal ini akan meningkatkan semangat dan kepercayaan diri karyawan dalam bekerja sehingga mereka dapat termotivasi untuk meraih hasil yang lebih baik di kemudian hari.

Memberikan Penghargaan Secara Finansial
Memberikan bonus untuk karyawan adalah hal yang baik. Namun perlu diingat bahwa karyawan yang terlalu mengharapkan bonus dapat membuat mereka mudah putus asa, kurang bahagia, dan hidup tegang. Oleh sebab itu Anda perlu selalu mengingatkan mereka untuk tidak terlalu melihat nominal bonus yang diberikan tetapi menganggap bahwa bonus merupakan bentuk apreasiasi perusahaan terhadap produktivitas dan kinerja yang berhasil mereka capai. (Silahkan baca : Jenis Slip Gaji dan Keuntungan Menggunakan Slip Gaji Online )

Menyesuaikan Pekerjaan Karyawan Dengan Minat dan Kemampuan
Menuntut karyawan agar menjadi hebat di setiap pekerjaan bukan hal yang efektif. Mereka akan sulit bekerja secara produktif jika mereka diminta melakukan tugas yang tidak sesuai dengan minat dan kemampuannya. Sebelum memberikan tugas untuk karyawan, coba tanyakan kepada diri sendiri apakah ia adalah orang yang tepat untuk menjalankan pekerjaan tersebut? Bila tidak, maka carilah orang yang lebih sesuai untuk melakukannya.
Contohnya, karyawan dengan karakter kreatif dan ekstrovert mungkin dapat mampu melakukan pitching dengan baik pada klien. Namun, mereka mungkin akan kesulitan ketika diberi tugas yang berorientasi detail atau berdasarkan aturan.

Melakukan Evaluasi Kinerja
Untuk mengukur bagaimana kinerja karyawan Anda, sebaiknya lakukan evaluasi kinerja secara berkala, termasuk melihat laporan kehadiran karyawan dari aplikasi absensi. Ijinkan supervisor untuk menilai performa subordinate mereka dan sebaliknya. Ijinkan pula mereka untuk melakukan evaluasi satu sama lain serta menilai pencapaian mereka sendiri. Dengan dukungan sistem manajemen HR yang lengkap, tentu evaluasi karyawan dapat dilakukan dengan otomatis. Sistem tersebut juga dapat membantu perusahaan mengirimkan survey kepada seluruh karyawan, mengelola cuti, mengotomatiskan pendistribusian gaji, dan masih banyak lagi

Itulah beberapa cara untuk meningkatkan produktivitas perusahaan. Jadi ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk melakukan efisiensi kerja. Salah satu caranya adalah meminimalisir biaya operasional perusahaan misalnya melakukan otomatisasi di berbagai bidang seperti sistem absensi dengan absensi android dan payroll service.

Akurasi data yang disajikan dalam kegiatan payroll merupakan hal yang penting untuk seluruh karyawan dan pihak manajemen perusahaan. Payroll tidak selalu mengenai pembayaran gaji tetapi juga langsung berkaitan dengan pajak dan berbagai tunjangan yang diberikan serta disesuaikan dengan kebijakan perusahaan. Oleh sebab itu, sistem payroll merupakan hal yang penting untuk peningkatan efisiensi kinerja dan biaya operasional perusahaan.

Keunggulan Sistem Payroll Untuk Perusahaan
Sistem payroll online atau slip gaji online menawarkan beberapa keunggulan yang patut dipertimbangkan oleh perusahaan maupun instansi

  • Meminimalisir Pemakaian Kertas
    Biaya operasional yang membengkak kadang disebabkan karena pemakaian kertas berlebih untuk mencetak dokumen perusahaan dan berbagai macam surat menyurat. Payroll online dapat meminimalisir hal ini karena dukungan teknologi pada sistem payroll dapat menampilkan berbagai laporan dan dokumen sehingga tidak perlu menggunakan kertas
  • Karyawan Profesional Harga Murah
    Jika Anda selama ini kesulitan merekrut manager atau staff payroll yang berpengalaman, menggunakan jasa payroll online merupakan solusi yang tepat untuk menghadapi persoalan tersebut. Selain lebih murah, payroll outsourcing mampu mengatur serta mengelola payroll perusahaan secara professional untuk berbagai hal yang bersifat strategis
  • Mengurangi Biaya Konsultan
    Perusahaan kadang menggunakan jasa konsultan pajak untuk membantu mengurus perpajakan perusahaan karena staff HR yang kewalahan mengurusi semua itu. Dengan payroll outsourcing, Anda dapat menyelesaikan payroll dan perpajakan sekaligus. Hasilnya pengeluaran perusahaan untuk operasional juga menjadi lebih efisien

Memilih jasa payroll online yang tepat tidak hanya dapat meminimalisir biaya operasional secara efisien dan hasil yang optimal tetapi Anda juga dapat fokus pada pengembangan bisnis serta mengambil peran yang lebih strategis untuk ke depan.
KantorKita.co.id merupakan layanan yang memberikan solusi bagi perusahaan maupun instansi untuk melakukan efisiensi kerja dengan menghadirkan sistem absensi online, slip gaji online, dan hal lainnya. Semua layanan tersebut terintegrasi di dalam satu aplikasi sehingga memberikan kemudahan bagi karyawan maupun staff HR untuk melakukan monitoring.
Pengajuan cuti, surat ijin, perjalanan dinas, dan lain sebagainya telah terintegrasi di dalam sebuah software absensi yang user friendly sehingga dapat dioperasikan dengan mudah. Bagi perusahaan yang ingin tahu lebih lanjut mengenai layanan dari KantorKita dapat mencoba layanan uji coba atau trial selama 30 hari secara gratis. Dengan mencoba aplikasi tersebut, Anda dapat merasakan berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh aplikasi ini dan mengetahui berapa banyak peningkatan produktivitas yang akan didapatkan oleh perusahaan.

Aplikasi tersebut cocok digunakan untuk berbagai jenis usaha. Mulai dari perusahaan kecil hingga perusahaan besar dengan ratusan atau bahkan ribuan karyawan dapat menggunakan aplikasi absen ini dengan mudah. Didukung dengan teknologi terkini, perusahaan dapat merasakan banyak manfaat dari sistem online mulai dari absensi online, ijin, slip gaji, dan masih banyak lagi.

Jika selama ini staff HR atau bagian keuangan selalu menghabiskan sebagian besar waktunya untuk membuat slip gaji dan menghitung pajak, semua pekerjaan tersebut kini dapat dilakukan dengan mudah berkat aplikasi KantorKita. Selain itu, perhitungan absen dan slip gaji juga lebih akurat di mana perhitungan gaji kadang terjadi kesalahan ketika dilakukan secara manual.
Ketika masalah slip gaji dan perhitungan absen sudah tertangani secara otomatis, maka staff HR maupun keuangan dapat melakukan tugas lainnya sehingga produktivitas mereka untuk perusahaan lebih baik dari sebelumnya. Selain perhitungan yang lebih akurat dan meminimalisir kesalahan, sistem online ini juga memungkinkan staff HR maupun supervisor mengakses data-data yang diperlukan kapan saja karena semua data terkait payroll dan absensi sudah disimpan dengan aman di server. Jadi Anda tidak perlu khawatir data mengenai gaji atau absen hilang karena komputer atau laptop yang digunakan error atau hilang.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here