Tips Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan

0
10

Tips Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan – Mengelola manajemen sebuah perusahaan bukanlah hal yang mudah. Terutama memikirkan cara untuk mempertahankan bahkan meningkatkan kinerja karyawan yang dibawahi. Belakangan ini, salah satu metode yang terbukti mampu merangsang produktivitas para pekerja adalah dengan digunakannya berbagai aplikasi perkantoran penunjang yang telah terbukti memiliki dampak positif serta efektif dalam pengoperasian sebuah instansi.

Terapkan Sistem Absen Online
Absensi karyawan merupakan hal yang perlu mendapatkan perhatian khusus bila Anda menginginkan produktivitas perusahaan dapat meningkat. Tidak dapat dipungkiri bahwa praktik kecurangan soal absensi dapat berakibat fatal pada kelangsungan sebuah instansi. Di lapangan, masih sering terdapat kecurangan perihal absensi, contohnya : seorang karyawan meminta pada rekannya untuk mewakilkan absen sehingga dia tercatat bekerja pada hari itu, padahal realitanya tidak.
Peristiwa semacam itu hanya bisa terjadi bila instansi terkait menggunakan sistem absensi manual yang sudah ketinggalan zaman. Saat ini, berbagai perusahaan telah beralih menggunakan aplikasi absensi online yang didukung oleh berbagai teknologi canggih, yaitu :

a. Sidik Jari
Absensi dengan menggunakan pemindai sidik jari atau fingerprint membuat karyawan tidak mungkin untuk menitipkan absen. Sebab, masing-masing pegawai sebelumnya telah merekam sidik jari masing-masing yang akan dicocokkan otomatis setiap kali proses absensi dilakukan.

b. Retina
Sistem absensi online yang satu ini merupakan teknologi lanjutan dari absensi bersistem fingerprint. Karena sistem sebelumnya dianggap masih memiliki celah dengan banyaknya metode pemalsuan sidik jari, maka kemudian dikembangkan teknologi retina mata dengan risiko pemalsuan sangat kecil.

c. Pelacak GPS
Teknologi yang sudah lazim disertakan pada ponsel pintar ini beberapa waktu terakhir juga diaplikasikan pada sistem absensi online. Meski acap kali disepelekan karena dianggap sebagai teknologi standar, justru penambahan pelacak GPS pada aplikasi absensi tidak sekadar mencatat ketika jam masuk dan pulang karyawan saja, namun juga berguna untuk mengetahui keberadaan karyawan selama jam kerja. Dengan demikian, pegawai yang meninggalkan kantor selama jam kerja dan hanya datang ketika absensi akan tertangkap basah.

Aplikasi absensi seperti ini akan mencatat secara sistematis tentang daftar kehadiran karyawan serta catatan lembur, izin, cuti, maupun abstain tanpa keterangan. Dari sini dapat dipantau dengan mudah akan kedisiplinan pegawai bersangkutan. (Baca juga : Macam-Macam Sistem Absensi Bagi Perusahaan )

Memperbaiki dan Melengkapi Fasilitas Kantor
Hal kedua yang perlu dilakukan adalah memeriksa kondisi fasilitas perusahaan, bila ada yang mengalami kerusakan sebaiknya lekas diperbaiki, atau jika ada yang kurang dilengkapi. Tidak ada salahnya juga untuk menyediakan playground khusus untuk pegawai melepas kepenatan. Mereka dapat menggunakan area tersebut untuk merelaksasi tubuh dan pikiran sejenak sehingga kemudian dapat kembali bekerja dengan kondisi otak yang segar yang dapat dipastikan meningkatkan produktivitas mereka.

Memberikan Promosi Berkala
Setiap pegawai pasti memiliki harapan untuk memiliki jenjang karir yang terus menanjak. Untuk bisa mendapatkannya, mereka bergantung pada lama masa pengabdian atau promosi dari atasan. Jika Anda menginginkan para karyawan bekerja lebih semangat, maka salah satunya adalah dengan cara memberi promosi jabatan pada mereka yang dianggap layak.
Kelayakan tersebut tentunya berdasarkan pada beberapa kriteria, terutama kedisiplinan kerja, rapor sikap yang bagus selama bertugas, dan pencapaian signifikan dalam pekerjaan. Dengan adanya pemberian kenaikan jabatan secara berkala pada karyawan yang memenuhi seluruh kriteria, hal tersebut dapat memacu para pegawai yang telah mendapat promosi menjadi lebih giat dan memotivasi yang lain untuk lebih produktif.

Beri Tindakan Tegas Terhadap Pelanggaran
Untuk meningkatkan kinerja karyawan, Anda sebagai pemangku kuasa juga perlu senantiasa bersikap konsisten dan tegas, terutama bila terjadi pelanggaran peraturan oleh pegawai. Dampaknya, pekerja Anda kemudian akan terlatih untuk menjadi lebih disiplin serta bertanggung jawab pada pekerjaan. Tentunya hal tersebut juga amat berpengaruh terhadap produktivitas perusahaan yang Anda kelola.

Tidak Menunda Gaji dan Rajin Memberi Bonus
Jika ada faktor yang amat sensitif bagi karyawan, maka jawabannya adalah persoalan gaji. Keterlambatan, ketidak transparansian, terlebih penolakan pembayaran honor yang sejatinya merupakan hak dari pegawai dapat mengakibatkan keolengan fatal dalam produktivitas perusahaan. Sebab itu, gaji bukan merupakan hal yang dapat diremehkan. Sebab itu, keuangan badan usaha harus dikelola oleh individu atau tim yang terpercaya.
Namun, meski sosok atau tim yang dibentuk guna mengelola keuangan kantor memiliki kredibilitas tinggi, terkadang terdapat situasi yang lazim disebut sebagai human error yang berisiko menimbulkan kesalahan input data dan sebagainya. Guna menghindari insiden seperti itu, maka hendaknya gunakan bantuan aplikasi slip gaji yang memiliki akurasi tinggi. Aplikasi tersebut dapat diakses oleh seluruh staf di perusahaan, sehingga tidak akan muncul lagi pertanyaan perihal transparansi perhitungan honor karyawan.

Menggunakan Bantuan Aplikasi All in One
Dari cara-cara yang dapat ditempuh untuk meningkatkan produktivitas karyawan di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa diperlukan adanya bantuan berupa aplikasi untuk mempermudah proses manajerial perusahaan. KantorKita merupakan rekanan kerja yang tepat untuk diajak bekerja sama sebagai provider penyedia layanan karena terbukti menghasilkan sebuah aplikasi all in one yang efektif dalam memenuhi kebutuhan-kebutuhan pemilik usaha sebagaimana disinggung di atas. (Baca : Absensi dengan Aplikasi Mobile KantorKita )

Anda dapat berkunjung pada situs website mereka di https://kantorkita.co.id di mana mereka menyediakan layanan uji coba gratis untuk membuktikan aplikasi absensi online dan aplikasi slip gaji online yang mereka kembangkan dapat berfungsi dengan baik. Selain versi aplikasi yang dapat diunduh secara gratis di Play Store maupun App Store, Kantor Kita juga menyediakan versi website yang dapat diakses langsung dari PC. Anda cukup mendaftar lalu memasukkan informasi lengkap perusahaan serta menambahkan para karyawan. Setelah itu, seluruh staf perusahaan dapat bebas mengakses website maupun aplikasi untuk keperluan absensi, izin, cuti, juga penghitungan gaji.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here